Gris Ambot December 2, 2019

Mengakhiri tahun pelayanan 2019, Kevikepan Reo menyelenggarakan pertemuan di Paroki St.Eduardus Watunggong selama 3 hari, dari tanggal 27-30 November 2019. Pertemuan diselenggarakan dengan 3 agenda utama yaitu Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS), Sidang Evaluasi Pastoral tahun pelayanan, dan pembekalan OMK Kevikepan Reo.

“Sidang evaluai kali ini berbeda dengan sidang evaluasi sebelumnya, ada tiga agenda yang dilaksanakan bersamaan, antara lain yaitu, peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat kevikepan Reo, Sidang Evaluasi Pastoral, dan Workshop Jurnalistik bagi OMK”

Pertemuan tiga hari diawali dengan rekoleksi yang dipimpin oleh Pater Peter Due, SVD dan dilanjutkan dengan misa pembukaan yang dipimpin langsung oleh Vikep Reo Rm.Herman Ando, Pr.

Esok harinya, dilaksanakan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang dibuka oleh Sekretris Daerah Kabupaten Manggarai Timur dan dilanjutkan dengan seminar dengan tema “ membangun pertanian organic dan pengolahan pangan lokal yang sehat dan segar” .

Nara sumber dalam kegiatan ini, yakni kepala dinas pertanian Kabupaten Manggarai Timur, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Timur, dan Ketua Seksi Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur.

“Tentu kehadiran mereka tidak terlepas dari komitmen dan peran serta pemerintah dalam membangun sinergi dengan pihak Gereja dalam mewujudkan pembangunan yang adil dan sejahtera, terutama mendorong pembangunan peratnian organic dan pengolahan pangan local yang besrsih, sehat, dan segar sesuai dengan tema besar kegiatan HPS kali ini, ” jelas Romo Herman Ando.

Usai seminar, para peserta perayaan HPS mendiskusikan Rencana Tindak Lanjut (RTL) sebagai rekomendasi akhir dari kegiatan HPS. Dalam kesempatan kali ini peserta sidang dibagi kedalam 4 gugus, yakni Gugus 1 antara lain Paroki Reo, Paroki Pota, Paroki Dampek, Paroki Bea Nio, Paroki Bea Mese. Gugus 2, antara lain; Paroki Robek, Paroki Kajong, Paroki Loce, dan Paroki Pateng. Gugus 3, antara lain; Paroki Weleng, Paroki Benteng Jawa, dan Paroki Bea Muring. Gugus keempat meliputi Paroki Elar, Paroki Mombok, dan Paroki Watunggong.

Pertemuan Evaluasi Program Tahun Pelayanan 2019 Kevikepan Reo

Hari ketiga, dilaksanakan Sidang Evaluasi dan Kegiatan Pembekalan OMK. Pada kesempatan ini para pastor Paroki dan utusan Dewan Pastoral Paroki menyampaikan laporan Evaluasi program selama tahun pelayanan dan laporan keuangan Paroki. Pada kesempatan yang sama di pendopo pastoral , utusan OMK Kevikepan Reo mengikuti kegiatan workshop Jurnalistik yang dipandu oleh Ketua Komisi Komsos Keuskupan Ruteng Rm.Erik Ratu, Pr.

Dari hasil evaluasi program tahunan yang disampaikan oleh paroki-paroki kevikepan Reo, ada sejumlah program unggulan yang menjadi fokus selama tahun pelayanan 2019. Pertama, program Diakonia Karitatif yaitu pengumpulan dan pemberian bantuan sembako, seperti beras dan kebutuhan sehari-hari bagi umat yang kurang mampu secara ekonomi serta bedah rumah bagi umat yang tidak memiliki tempat tinggal yang layak huni.

Kedua, program diakonia transformatif. Yang masuk dalam kategori ini di antaranya pemberdayaan umat, pelatihan pembuatan pupuk organic, pengolahan pangan lokal, dan latihan jurnalistik bagi OMK.

“Saya berharap, program-program yang telah dilaksanakan sepanjang tahun pelayanan untuk terus dilanjutkan pada tahun berikutnya sesuai dengan kebutuhan umat. Apa yang menjadi rekomendasi kita pada perigatan HPS kali ini, tidak hanya sebatas konsep, tetapi mesti ada tindak lanjut yang harus diimplemtasikan di paroki masing-masing, dan untuk mewujudkannya tentu membutuhkan sebuah komitmen dan gerakan bersama pihak Gereja dan Pemerintah, sebagaimana yang kita lakukan pada kesempatan ini.” harap Vikep Reo Rm Herman Ando Pr.