Gris Ambot April 28, 2020

Sejumlah mahasiswa yang bergabung dalam kelompok Pergerakan Pemuda Reok Peduli (PPRP) Covid-19 melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat umum dan tempat-tempat ibadah di Reo, Selasa (28/04/2020). Adapun fasilitas publik yang disasar yaitu Terminal Reo, Pasar Reo, Kompleks Pertokoan, Masjid Nurul Huda Reo, Masjid Nurul Fallah Reo, Masjid Nurul Anwar Reo, Gereja Katolik Paroki Reo dan Gereja GMIT Efata Reo.

Ketua kordinator Pergerakan Pemuda Reok Peduli Covid-19 Muhamad Syarif Hidayatullah Akbar menyatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif dari kelompok mahasiswa asal Reo yang sedang melaksanakan studi di beberapa perguruan tinggi di seluruh Indonesia sebagai bentuk kepedulian kami dalam mencegah penyebaran covid-19 di Manggarai.

“Tim relawan ini terhimpun dari pemuda dan beberapa mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah di daerah Jakarta, Yogyakarta, Malang, Maksassar,Kupang, dan Mataram,” ujar Syaryf kepada media Komsos Ruteng, Selasa (28/0/2020).

Selain penyemprotan disinfektan, imbu Syarif, kelompok orang muda itu menyediakan wadah dan sabun untuk mencuci tangan bagi seluruh masyarakat Kecamatan Reok yang ingin melaksanakan ibadah ataupun yang ingin berkunjung ketempat-tempat umum.

“Sebagai generasi muda kita harus menjadi agenperubahan yang selalu peka dan terlibat aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, terutama dalam situasi ini. Kita mendukung pemerintah dan masyarakat untuk sama-sama melawan covid-19 yang terjadi saat ini,” ungkap Syarif kepada Komsos Ruteng.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Lurah Reo Theobaldus Junaidin sebagai penanggung jawab wilayah untuk tempat-tempat umum yang menjadi sasaran kegitan kelompok masiswa tersebut.

Lurah Reo, Theobaldus Junaidin memberikan apresiasi atas inisiatif yang dilakukan oleh Pergerakan Pemuda Reok Peduli Covid-19. Ia berharap agar kedepanya kelompok-kelompok  pemuda dan mahasiswa lain juga memiliki kepedulian yang sama untuk mencegah penyebaran covid-19 di Reo.

“Atas nama pemerintahan kelurahan Reo, kami mengucapkan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Pemuda Peduli Covid-19 Reok atas kegiatan pemyemprotan disinfectan di beberapa sarana public dan tempat-tempat ibadah,” kata Lurah Reo yang akrab disapa Teo, kepada media Komsos Ruteng.

Pemerintah, imbuh Teo, sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak terutama para mahasiswa dalam mengatasi covid-19 ini. “Mudah-mudahan kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan dan terus bersinergi untuk kegiatan yang lainnya diwaktu yang akan datang,” ungkap Teobaldus.