Komsos Ruteng March 16, 2020

Dalam rangka mempersiapkan orang-orang muda pegiat komunikasi sosial di Keuskupan Ruteng, Komisi Komsos KWI menggelar workshop bagi mahasiswa di Ruteng. Kegiatan selama dua hari di Wisma Efata Ruteng, Sabtu (14/03) sampai dengan Minggu (15/03/2020).

Worshop diikuti oleh sepuluh utusan mahasiswa Universitas Katolik (Unika) St. Paulus dan sepuluh utusan mahasiswa dari Sekolah Tinggi St. Sirilus Ruteng. Turut hadir juga pada kegiatan selama dua hari itu beberapa dosen dari dua kampus tersebut.

Setelah mendapat materi-materi umum seputar karya jurnalistik, para peserta dibagi ke dalam empat kelompok, yaitu penulisan jurnalistik, videografi, foto jurnalistik, dan radio. Dalam kelompok kecil itu, tim pendamping dari Komisi Komsos KWI membantu peserta memroduksi konten jurnalistik untuk media sosial.

Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI Rm Antonius Steven Lalu Pr menyatakan, pelatihan ini dilaksanakan atas inisiatif Komisi Komsos KWI. Selain untuk membantu dokumentasi dan publikasi rangkaian kegiatan dalam rangka tahbisan Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat, keigatan ini diharapkan untuk mendapatkan kader muda pegiat komunikasi sosial di Keuskupan Ruteng.

“Ke depan, mereka diharapkan membantu karya komsos baik di Keuskupan, maupun di lembaga atau paroki tempat mereka berkarya,” kata Romo Steven Lalu.

Dosen Program Studi Bahasa Indonesia Unika St. Paulus Rm Bone Rampung Pr menyatakan kegiatan seperti ini sangat membantu proses pendidikan para mahasiswa. Apalagi dengan tuntutan pendidikan akhir-akhir ini, para mahasiswa tidak saja belajar di bangku kuliah tetapi melalui pelatihan dan praktik langsung.

“Oleh karena itu, kampus selama ini selalu menerima tawaran pelatihan yang diselenggarakan Komisi Komsos KWI,” kata Romo Bone yang juga sebagai Anggota Seksi Publikasi dan Dokumentasi Panitia Tahbisan Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat pada pembukaan pelatihan, Sabtu (14/03).

Ketua Komisi Komsos Keuskupan Ruteng Rm Erick Ratu Pr menyampaikan penyelenggaraan workshop bagi orang muda memang menjadi salah satu perhatian utama Komisi Komsos Keuskupan Ruteng saat ini. Pasalnya, orang muda lebih akrab dengan teknologi komunikasi zaman sekarang. Mereka tidak hanya menjadi penerima pesan tetapi juga kreatif dalam menciptakan konten-konten.

“Kami berharap untuk mendapat kader-kader yang aktif membantu karya komunikasi sosial di Keuskupan Ruteng,” kata Romo Erick.